Tugas Pertemuan 3 PPL

Nama : Frederick Yonatan Susanto

NRP : 5025211121

Kelas : PPL A

Tahun Ajaran : 2023/2024 (Genap)

    Pada pertemuan ketiga di kelas PPL A, kita diminta untuk mencari sebuah gambaran perangkat lunak yang mencakup desainnya dari kasus pengguna hingga model dinamis dan statis, kita dapat merujuk pada berbagai sumber seperti paper, tugas akhir, atau studi kasus industri. Dari contoh tersebut, kita diminta menganalisis model kasus pengguna (baik statis maupun dinamis) yang disajikan dalam referensi tersebut.

Referensi Dokumen :

    Referensi yang saya ambil yaitu "SISTEM INFORMASI RUMAH KOST BERBASIS WEB DAN GOOGLE MAPS API ".



Analisis Berorientasi Objek


A. Dynamic Model

1. Use Case Diagram 

   Gambar 1 terdiri dari beberapa use case yang dikelompokkan menjadi satu packages, yaitu packages mengelola data kost. Member bisa menambahkan data kost baru, ubah data kost, hapus data kost serta bisa melihat data kost dan juga user bisa melihat data kost.


Gambar 1. Use Case Diagram Mengelola Data Kost

    Gambar 2 merupakan use case diagram mengelola pemesanan. Use case diagram ini menjelaskan owner bisa melihat pemesan kamar di rumah kost yang dimiliki owner, konfirmasi pemesanan, dan membatalkan pemesanan, sedangkan pemesan bisa juga membatalkan pemesanannya.


Gambar 2. Use Case Diagram Mengelola Pemesanan

2. Robustness Diagram 

    Pada gambar 3 menggambarkan Robustness Diagram pemesanan kamar, user yang sudah login dapat melakukan pemesanan kamar dan sistem mengecek apakah kamar sudah dipesan? Jika tidak ada maka sistem akan melanjutkan proses pemesanan.


Gambar 3. Robustness Diagram Pemesanan Kamar

3. Sequence Diagram 

    Gambar 4 menjelaskan bahwa member dapat malakukan komfirmasi pemesan kamar yang dilakukan user.


Gambar 4. Sequence Diagram Konfirmasi Pemesanan

4. Activity Diagram 

    Gambar 5 merupakan gambar Activity Diagram pemesanan kost. Activity Diagram ini berisi langkah-langkah untuk melakukan pemesanan kost. Pertama-tama calon kost atau pencari kost harus melakukan login terlebih dahulu untuk melakukan pemesanan, jika sudah login maka diperbolehkan pesan kamar, dan user (pencari kost) juga bisa melihat route jalan dari tempat tertentu ke tempat yang yang sudah disediakan oleh sistem.


Gambar 5. Activity Diagram Pemesanan Kost

B. Static Model

1. Class Diagram

    Pada Gambar 6 menjelaskan hubungan antara tabel satu dengan tabel yang lain.


Gambar 6. Conceptual Data Model SI Rumah Kost

     Gambar 7 merupakan gambar PDM yaitu hasil normalisasi dari CDM.


Gambar 7. Physical Data Model

C. Design Model (Perancangan Berbasis Obyek)

    Design Model (Perancangan Berbasis Obyek) dari perangkat lunak sistem informasi rumah kost, sebagai berikut:


Comments

Popular posts from this blog

EAS PPB

Tugas Pertemuan 11 PPB

Tugas Pertemuan 1 PPB