Tugas Pertemuan 2 PPL
Nama : Frederick Yonatan Susanto
NRP : 5025211121
Tahun Ajaran : 2023/2024 (Genap)
Pada pertemuan kedua di kelas PPL A, kami diminta untuk berlatih dalam mengenali proses perancangan perangkat lunak dengan menggunakan jurnal atau dokumen perancangan perangkat lunak sebagai panduan referensi.
Referensi Dokumen :
Referensi yang saya ambil yaitu "Implementasi Quick Response (QR) Code pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (UML)".
Identifikasi Proses Perancangan Perangkat Lunak
A. Desain Arsitektur
1. Activity Diagram
Activity Diagram menggambarkan aktivitas yang terjadi ketika proses penambahan data dokumen serta pembuatan QR Code. Activity Diagram dapat dilihat pada Gambar 1.
2. Use Case Diagram
Use Case Diagram digunakan untuk menggambarkan siapa saja yang dapat mengelola sistem dan apa saja yang dapat dilakukan. Use Case Diagram aplikasi validasi dokumen dapat dilihat pada Gambar 2. Pada gambar tersebut terdapat 3 aktor, yaitu: superadmin, admin, dan user.
B. Desain Interface
1. Halaman Utama
Halaman Utama adalah halaman awal ketika membuka aplikasi ini, berisi pilihan yaitu register dan login. Tampilan halaman awal dapat dilihat pada Gambar 3.
Penjelasan: pada halaman awal ini pengguna dihadapkan pada 2 pilihan, yaitu register dan login. Register digunakan untuk melakukan proses pendaftaran pada aplikasi sedangkan login digunakan untuk masuk pada aplikasi.
2. Halaman Register
Halaman register digunakan untuk melakukan pendaftaran pengguna baru. Penguna yang belum memiliki akun maka diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Halaman register dapat dilihat pada Gambar 4.
Keterangan: ketika pengguna melakukan pendaftaran system akan melakukan pengecekan pada form inputan pendaftaran. Jika data telah sesuai dengan permintaan kemudian sistem melanjutkan proses pendaftaran. Untuk verifikasi pendaftaran, sistem mengirimkan sebuah link aktivasi akun melalui email yang dimasukkan saat melakukan pendaftaran.
3. Halaman Login
Halaman login digunakan untuk masuk pada aplikasi. Ketika pengguna sudah memiliki akun, maka pengguna bisa login menggunakan akun yang didaftarkan pada sistem. Halaman login dapat dilihat pada Gambar 5.
Keterangan: ketika hendak melakukan login pengguna diminta memasukkan username dan password sesuai dengan username dan password saat mendaftar pada sistem.
4. Halaman Jenis DokumenHalaman jenis dokumen digunakan untuk menampilkan jenis-jenis dokumen yang terdapat pada sistem. Jenis-jenis dokumen tersebut meliputi jenis-jenis dokumen yang sering digunakan oleh universitas. Halaman jenis dokumen dapat dilihat pada Gambar 6.
Keterangan: jenis-jenis dokumen yang terdaftar pada sistem memiliki tombol-tombol yang dapat digunakan untuk mengelola data dokumen. Tombol-tombol tersebut yaitu lihat data dan tambah data.
C. Desain Data
1. Class Diagram
Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansikan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Class menggambarkan keadaan (attribut atau proses) suatu sistem, sekaligus menawarkan layanan untuk memanipulasi keadaan tersebut (metoda atau fungsi). Class Diagram menggambarkan struktur dan deskripsi calss, package dan objek beserta hubungan satu sama lain. Class diagram dapat dilihat pada gambar 7.
D. Desain Algoritma
1. Flowchart
Sistem yang diusulkan yaitu aplikasi berbasis web yang digunakan untuk membuat QR Code. Flowchart sistem yang diusulkan dapat dilihat pada Gambar 8. Ketika aplikasi pertama kali diakses, pengguna dihadapkan pada halaman awal aplikasi. Jika belum memiliki akun, maka pengguna diharuskan mendaftar terlebih dahulu pada sistem. Jika sudah memiliki akun, langsung saja memilih tombol login. Ketika telah berhasil login ke sistem kemudian memasukkan data dokumen yang akan dibuatkan QR Code.
Comments
Post a Comment